Vasilidasi Data, Dandim 1628/SB Pantau Verifikasi SDGs di Desa Maluk

Maluk – Dalam penyempurnaan data penduduk, Pemerintah Desa Maluk, Kecamatan Maluk melakukan verifikasi pendataan pemutahiran data melalui sistim berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan pendataan SDGs tersebut dihadiri langsung oleh Dandim 1628/Sumbawa Barat, LETKOL Czi Sunardi ST, M,IP melalui Danramil 1628-02/Sekongkang, Kapten Cba Yusman yang dihubungi media ini pada Kamis (11/11) malam menyampaikan bahwa sebelum melakukan penyempurnaah data (Verifikasi) tim SDGs di Desa Maluk, terlebih dahulu melakukan cek fisik langsung ke rumah warga sehingga data tersebut diolah menjadi data yang valid.

“Proses metode validasi data terkait jumlah penduduk ini berkolaborasi dengan pihak UPTD Puskesmas Maluk beserta Pemdes desa Maluk yang dipantau langsung oleh Dandim 1628/SB” ujar, Yusman.

Kehadiran Dandim 1628/SB, Letkol Czi Sunardi, ST., M.IP dipaparkan Yusman, setidaknya menjadi penyemangat tim yang melakukan pendataan. Dan, dari hasil data yang diperoleh data penduduk dari Dukcapil Sumbawa Barat berjumlah 3.034 jiwa, sedangkan jumlah data yang diperoleh melalui SDGs 2.489 jiwa setelah melakukan vasilidasi.

“Didepan Dandim 1628/SB, kepala Puskesmas Maluk dengan Menggunakan proyektor mecocokan satu persatu data warga dan dari jumlah data yang diperoleh dapat mengetahui warga yang telah melakukan vaksinasi untuk dosis satu tervaksin 1684 jiwa 67,7% dan dosis ke dua tervaksin 1.232 jiwa 49.6%. Data capaian vaksin tersebut belum masuk data dari keluarga karyawan PT AMNT yang di vaksin oleh PT AMNT.” jelas, Yusman.

Disampaikan Yusman, saat tim melakukan pendataan langsung, warga yang sudah meninggal dunia dan pindah atau tidak sudah ada tidak ada diwilayah desa Maluk yang ada didata penduduk dari Dukcapil KSB.

“Jadi data warga yang sudah meninggal maupun yang sudah pindah dari wilayah desa Maluk itu di hapus” jelas, Danramil 1628-02/Sekongkang yang aktif turun lapangan saat kegiatan.

Kegiatan yang berahir pada pukul 14.30 wita selain dihadiri oleh LETKOL Czi Sunardi ST, M,IP dan Kapten Cba Yusman bersama jajaran, juga hadir Kapolsek Maluk, AKP Sidik Pria Mursita, SH bersama anggota, Kepala UPTD Puskesmas Maluk, Fahmi SKM serta unsur Agen Gotong Royong (AGR), Pemerintah Desa dan Badan Musyawarah Desa setempat.(K-If)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *